PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN PADA MASA DINASTI UMAYAH DAN SISTEM PENDIDIKAN PADA MASA DINASTI ABASIYYAH (ANALISIS KOMPARATIF DENGAN PENDEKATAN HISTORIS)

  • RZ. RICKY SATRIA WIRANATA STAI Terpadu Yogyakarta
  • MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN
Keywords: Pendidikan, Dinasti Umayah, Dinasti Abasiyah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meneliti sistem pendidikan pada masa dinasti umayah dan dinasi bani abbasiyah dengan kajian analisis komparatif. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif perspektif kajian historis, sumber data diperoleh dari studi pustaka, Teknik analisis menggunakan konten analisis. Kesimpulan pada penelitian ini mebuktikan bahwa keadan sistem pendidikan pada masa dinasti abbasiyah lebih maju, lengkap dan kokoh di bandingkan pada masa dinasti ummayah hal itu sejalan dengan peran pendidikan dalam mewujudkan kejayan pada masa dinasti abbasiyah. Kemajuan sistem pendidikan pada zaman dinasti abbasiyah di dukung oleh keadaan ekonomi, sosial, politik dan keagaman yang stabil sehingga menciptakan atmosfir akademik yang kondusif dan baik.

References

Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna. 1992.
Mubarok, Jaih. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. 2004.
Nasution, S.. Sosiologi Pendidikan. Bumi Aksara. Cetakan Ke-4, Jakarta. 2009.
Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta. Kencana. 2011.
Rahman, Fazlur. Islam. Bandung: Penerbit Pustaka. 1994.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta. 2011.
Suwito. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta. Kencana. 2011.
Undang-Undang Sisdiknas RI No. 20 Thn 2003.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: rajawali pers. 2010.
Zubaidah, Iskandar Engku. Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdaka. 2014.
Published
2021-07-01
How to Cite
WIRANATA, R. R., & ABIDIN, M. (2021). PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN PADA MASA DINASTI UMAYAH DAN SISTEM PENDIDIKAN PADA MASA DINASTI ABASIYYAH (ANALISIS KOMPARATIF DENGAN PENDEKATAN HISTORIS). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 23-45. https://doi.org/10.48094/raudhah.v6i1.106