PEMIKIRAN PENDIDIKAN PROGRESIF ABDUL MUNIR MULKHAN PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Artikel ini membahas tentang pemikiran pendidikan progresif Abdul Munir Mulkhan Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Dengan tujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan progresif Abdul Munir Mulkhan Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Metode yang dipakai adalah kualitatif yang mendasarkan data pada sumber pustaka yakni karya-karya Abdul Munir Mulkhan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pendidikan merupakan cara menemukan kebenaran sehingga menjadi manusia seutuhnya. Abdul Munir Mulkhan menawarkan konsep pendidikan progresif yang bervisi pembebasan dan nilai kritis dengan penekanan pada aspek kecerdasan, moralitas, dan profesionalitas, memiliki self leadership, self-direction dan self-motivation. Dengan kesemuanya itu diharapkan pendidikan menghasilkan kecerdasan kecerdasan makrifat (Makrifat Quotient) sebuah kecerdasan yang mampu menciptakan dan membentuk peserta didik menjadi insan kamil, insan kaffah, dan mampu menjadi khalifah Allah.
References
Mualim, K. (2017). Gagasan Pemikiran Humanistik dalam Pendidikan; Perbandingan Pemikiran Naquib al-Attas dengan Paulo Freire. Al-Asasiyya: Journal of Basic Education, 01(02), 1–18. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.680
Mudhofar. (2019). Peran Filsafat Terhadap Pendidikan Islam Untuk Pembinaan Etika dalam Perspektif Islam. Jurnal Tinta, 1(1), 81–104.
Mulkhan, A. M. (1993). Paradigma Intelektual Muslim. Simpress.
Mulkhan, A. M. (1994). Runtuhnya Mitos Politik Santri. Yogyakarta: Sipress.
Mulkhan, A. M. (1996). Kritik Sebagai Metode dan Etika Ilmuan dalam Merekonstruksi Pendidikan Islam dan Pemberdayaan Umat. JPI Fakultas Tarbiyah UII, 2(1), 13–29.
Mulkhan, A. M. (2000). Kearifan Tradisional, Agama Untuk Tuhan atau Manusia. Yogyakarta: UII Press.
Mulkhan, A. M. (2008). Islamic Education and Da’wah Liberalization: Investigating Kiai Achmad Dachlan’s Ideas. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 46(2), 401–430. https://doi.org/10.14421/ajis.2008.462.401-430
Mulkhan, A. M. (2011). Humanisasi Pendidikan Islam. Humanisasi Pendidikan Islam, 11.
Mulkhan, A. M. (2013). Filsafat Tarbiyah berbasis kecerdasan makrifat. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 219–239. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.219-239
Mulkhan, A. M. (2017a). Jalan Tuhan dan Kemanusiaan dalam Pendidikan. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(2), 329–358. https://doi.org/10.32533/01205.2017
Mulkhan, A. M. (2017b). Pembelajaran Filsafat Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Filsafat, 17(2), 134.
Mulkhan, A. M. (2018). Manajer Pendidik Profetik dalam Konstruksi Kesalehan Makrifat. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-01
Mustaghfiroh, H. (2015). Rekonstruksi Filsafat Pendidikan Islam (Mengembalikan Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Tujuan Penciptaan Dan Tujuan Risalah). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 89–104. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.786
Mustofa, M. (2009). Liberalisasi Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia; (Studi Kasus Pengembangan IAIN). Tadris, 4(1), 71–90. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/245
Nanuru, R. F. (2013). Progresivisme Pendidikan dan Relevansinya di Indonesia. Jurnal UNIERA, 2, 132–143.
Ramli, E. (2016). Pendidikan dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Islam. Al-Ishlah; Jurnal Pendidikan, 8(1), 41–55. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v8i1.27
Rohinah. (2013). Filsafat Pendidikan Islam; Studi Filosofis atas Tujuan dan Metode Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 309–326. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.309-326
Sigit Priatmoko. (2018). MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239.
Subaidi. (2014). Konsep Pendidikan Islam Pendekatan Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawl, II(2), 2–28. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/212
Tabrani, Z. A. (2014). Isu-Isu Kritis Dalam Pendidikan Islam Perspektif Pedagogik Kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 250–270. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/75
Author allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.