Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 13 Palembang

  • Maria Maria Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Banyuasin 1, South Sumatra, Indonesia.
  • Mulyadi Eko Purnomo Universitas Sriwijaya, Palembang, South Sumatra, Indonesia.
  • Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia.
Keywords: Implementasi, Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus.

Abstract

Penelitian ini mencari pemecahan masalah penyelenggaraan pendidikan lnklusi yang dapat mcnjangkau sernua warga negara dengan tanpa rnemperhatikan kelemahan dan kekurangan peserta didik. Dinas Pendidikan Kota Palembang menyelenggarakan pendidikan inklusi pada jenjang Sekolah Menengah Pertarna, sebagai Pilot Project-nya sekolah yang ditunjuk di SMP Negeri 13 Palembang, Jenis penelitian ini deskriftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Informan penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru di SMP Negeri 13 Palembang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil temun penelitian ini yaitu, upaya guru PAI  hendaknya dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, kemampuan dan karakteristik peserta didiknya serta mengacu kepada kurikulum yang dikembangkan. Simpulan Jmplementasi pada sekolah inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus menunjukkan bahwa sudah berjalan sesuai dengan pelaksanaan program sekolah inklusi, tetapi masih belum optimal. Hal Ini disebabkan karena penyelenggaraan sekolah inklusi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan diteruskan oleh sekolah pelaksana tclah tersampaikan dan dilaksanakan dengan mengikuti situasi dan kondisi yang disesuaikan disetiap sekolah. Jadi untuk Anak Berkebutuhan Khusus belum bisa untuk menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

References

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan X. Jakarta: Rineka Cipta.
Darma, Indah Permata. Dkk. Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Prosoding KS: Riset dan PKM. Vol. 2 No. 2. Hlm 147 – 300.
Nata, Abuddin. 2012. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurmayani. 1995. Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Anak (Studi Kasus di Lingkungan Pemukiman Anggota Suku Dinas Kebakaran Jakarta Pusat). Tesis : Program Pasca Sarjana IAIN dan Pasca Sarjana UI Jakarta.
Sjalabi, Ahmad. 1983. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Bulan Bintang.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sukadari. 2019. Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Timang, Yakop Nopis. 2000. Kinerja Guru: Studi Korelasional Kepemimpinan Kepala Sekolah Manajemen Personalia Dengan Kinerja Guru. Tesis : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.
TPIP (Tim Pengembang Ilmu Pendidikan) FIP – UPI. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian I: Ilmu Pendidikan Teoritis. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Wardani, I.G.A.K, dkk. 2013. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Yusuf, Munawir. Dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Published
2023-04-30
How to Cite
Maria, M., Purnomo, M., & Abdurrahmansyah, A. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 13 Palembang. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 150-169. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.230