POLA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui urgensi pola komunikasi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan pemahaman belajar siswa; (2) untuk mengetahui penerapan pola komunikasi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan upaya meningkatkan pemahaman belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di MA Darul Ishlah Lubuklinggau. Pengambilan data dilaksanakan melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilaksanakan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penngambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pentingnya pola komunikasi guru pendidikan agama Islam merupakan kondisi masa lalu dimana belum ada respon yang baik dari siswa sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan tidak dengan dua arah. (2) Penerapan pola komunikasi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan pemahaman belajar siswa menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terbentuk di MA Darul Ishlah Lubuklinggau adalah pola komunikasi model sirkuler bisa dilihat pada interaksi antara guru dengan siswa, guru dengan materi pembelajaran, serta siswa dengan materi pembelajaran.
References
Amiruddin, A., Nurdin, N., & Ali, M. (2021). Islamic Education Teacher Communication Strategy in Increasing Students ’Learning Interest. International Journal of Contemporary Islamic Education, 3(1), 41–61. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol3.iss1.31
Anggraini, E. S. (2021). Teacher Communication Patterns in Early Childhood Learning Through Play. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 27.
Anisah, N., Padillah, S. P., Barus, P., Sepriandito, R., Hasibuan, R. B., & Kustiawan W. (2022). Psikologi Komunikasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1705–1715.
Dewi, I., Marista, L., Shally, C., & Chandri, K. M. (2019). POLA KOMUNIKASI PENGAJAR DALAM UPAYA. 6(1), 13–24.
Eko Purnomo & Nur Saidah. (2023). Komunikasi Profetik Sebagai Strategi Pendidikan Akhlak di Yayasan Keluarga Besar Ruqyah Aswaja Pusat Grobogan Jawa Tengah. RAUDHAH Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(April), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.290
Hadiani, D., & Ariyani, E. D. (2021). Students’ Verbal and Nonverbal Communication Patterns: Proceedings of the International Conference on Applied Science and Technology on Social Science (ICAST-SS 2020), 544, 282–286. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210424.054
Hendra, T. (2020). Prinsip Dan Unsur-Unsur Komunikasi Dalam Perspektif Al- Qur ’ an. UIN Raden Fatah Palembang, 12–31.
Hendrayani, Y., Sari, S. N. E., & Priliantini, A. (2019). Pola Komunikasi Guru kepada Siswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 181–194. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i2.622
Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi komunikasi public relations dalam komunikasi organisasi. Jurnal Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 138–144. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/1688
Julianto, B., & Agnanditiya Carnarez, T. Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Kinerja, Dan Efektivitas Organisasi (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676–691. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.592
Junaidi, Syahputra, A., Asmarika, Syafitri, R., & Wismanto. (2023). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam Pembinaan Akhlak di SDIT Uwais Al Qarni Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1162–1168. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/391%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/391/240
Mansurovna, M. D. (2021). Developing effective communication skills. Scientific Journal Impact Factor, 5(1), 314–317. https://doi.org/10.1200/JOP.0766501
Maulani, G. (2024). Komunikasi Pendidikan. In Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology. Kurnia Pustaka.
Muhammad fahrozi Wijaya1, S. L. (2020). Pola Komunikasi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Jurnal Network Media, 3(1), 46–58. http://edtechreview.in/news/862-top-10-
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda Karya.
Rizqiyah, N., & Karimah, A. (2020). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Islam Inklusif-Multikultural. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 135–147. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom
Sudjiono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Deepublish.
Susanto, H. A. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah Pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1997, 189–196.
Warsah, I., Carles, E., Morganna, R., Anggraini, S., Silvana, S., & Maisaroh, S. (2023). Usaha Guru Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 31–48. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1763
Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039
Yunus, A., & Mokoginta Harahap, suwarno. (2023). Komunikasi Dua Arah Sebagai Interaksi Edukatif Dalam Kisah Nabi Ā Dam Alaihi Al-Salam ( As ). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 230–247.
Copyright (c) 2024 Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.