UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK

  • Nur Apriliani Pujiastuti Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Mujiburrahman Mujiburrahman Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Indah Nurhidayati Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
Keywords: Guru PAI, Kenakalan, Kenakalan Peserta Didik

Abstract

NUR APRILIANI PUJIASTUTI, Skripsi, Upaya Guru Pendidikan Agam Islam dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik di SMP N 22 Surakarta Tahun Ajaran 2023-2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dalam menangani kenakalan peserta didik. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menangani kenakalan peserta didik di SMP N 22 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SMP N 22 Surakarta yang beralamatkan di Jl. Irawan, Makam Bergola, Serengan, Surakarta, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022 – Januari 2023. Subjeknya adalah guru PAI. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, guru non PAI, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu menguji kredibilitas data yang dilakukan saat penelitian dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru PAI dalam menangani perilaku kenakalan siswa yaitu memberikan nasihat, upaya korektif, seperti: mengontrol perilaku siswa, mengecek kondisi siswa, komunikasi dengan orang tua, dan melakukan pendekatan secara individu. Bentuk-bentuk kenakalan seperti : merokok, berkelahi, ramai dalam kelas, bolos, berkata kotor. 2) Faktor pendukung dalam menangani kenakalan peserta didik adalah adanya penanaman ajaran agama islam, serta kebijakan berpakaian sopan untuk guru, staf karyawan, dan peserta didik. Faktor penghambat yang dialami guru PAI dalam menangani perilaku kenakalan peserta didik adalah kurangnya dukungan, kerja sama  dan perhatian orang tua terhadap perilaku siswa.

 Kata kunci: Guru PAI, kenakalan, Kenakalan Peserta Didik

Published
2024-07-03
How to Cite
Pujiastuti, N., Mujiburrahman, M., & Nurhidayati, I. (2024). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 244-251. https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i1.650