ANALISIS STILISTIKA HADIS PENDIDIKAN PADA ASPEK LEKSIKAL
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep Stilistika Hadis Pendidikan Pada Aspek Leksikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diambil dari buku buku-buku yang membahas tentang Stilistika Hadis Pendidikan Pada Aspek Leksikal. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku, artikel jurnal, dan situs yang membahas terkait Stilistika Hadis Pendidikan Pada Aspek Leksikal serta referensi yang mendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan Setiap karya memiliki kekhasan dalam kreasinya, sebagaimana Al-Quran memiliki stilistika/gaya bahasa yang sangat spektakuler, begitu pula dengan hadis-hadis yang terdiri dari teks-teks redaksional memiliki stilistika/gaya bahasa yang menarik. Hadis-hadis pendidikan sebagaimana di antaranya dideskripsikan dalam buku ini tak lepas dari sisi keindahan stilistikanya. Keindahan tersebut terdapat pada pemilihan kata, kalimat dan gaya bahasanya. Berbagai macam unsur gaya bahasa yang ada pada zaman modern ini, ternyata telah diaplikasikan dalam hadis, ribuan tahun lalu. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hadis hadir dengan gaya bahasa yang sangat indah.
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. (2006). Ilmu Pendidikan,. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azamiy, M. M.,. (2006). Dirasat fi al-Hadi al-Nabawi wa Tarikh Tadwinih, yang diterjemahkan oleh Ali Mustafa Ya’qub dengan judul Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Azizy, Qodri,. (2004). Membangun Integritas Bangsa. Jakarta: Renaisan.
Ibrahim, Muhammad Hamd, Mal Muallimin. (2002). terj. Ahmad Syaikhu. Jakarta: Daul Haq.
Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbaisis PIKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Izzan, Ahmad dan Saehudin. (2012). Tafsir Pendidikan; Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan. Tangerang: Suhuh Media.
Mudzakir, Najahah. (2015). Milieu Dalam Pendidikan Islam,”. Jurnal Lentera Kajian Keagamaan Keilmuan Dan Teknologi, 13(1).
Muradi, Ahmad dan M. Noor Fuadi. (2020). Kurikulum Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Hadis. Banjarmasin: Pascasarjana UIN Antasari.
Nizar, Samsul dan Zainal Efendi Hasibuan. (2011). Hadis Tarbawi Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Persfektif Rasulullah. Jakarta: Kalam Mulia.
Qalyubi, Syihabuddin. (2013). Stilistika Bahasa dan Sastra Arab. Yogyakarta : Karya Media.
Ratna, Nyoman Kutha. (2003). Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Razak, Nasruddin. (1989). Penafsiran Kembali Islam sebagai Suatu Akidah dan Way of Life. Bandung: Al-Ma’arif.
Sa’dudin, Ihsan dan Nasrun Salim Siregar. (2018). Reinterpretasi Hadis Mayat Diazab Atas Tangisan Keluarganya Dengan Hermeneutika Paul Ricoeur. Ulul Albab, Jurnal Studi Islam.
Sanders, Willy. (2003). Linguistische Stiltheorie, diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab oleh Khaled Jemaa berjudul Nahwa Nazriyah Uslubiyah Lisaniyah. Damaskus : Dar Fikr.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta : Duta Wacana University Press.
Syahidin. (2021). Metode Pendidikan Qur’ani; Teori dan Aplikasi. Jakarta: Misaka Galiza.
Tafsir, Ahmad. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. (1998). Hadis Tarbawi: Analisis Komponen-Komponen Pendidikan Perspektif Hadis. Lombok Tengah: Forum Pemuda Aswaja.
Widdowson, H. (1979). Explorations in Applied Linguistics. Oxford: Oxford University Press.
Zamrozi, M. (2016). Balaghah Praktis. Sumenang ; Jawa Timur.
Copyright (c) 2024 Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.