PENGARUH PENGETAHUAN LABORATORIUM TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 PRABUMULIH

  • Komputri Apria Santi STIT Raudhatul Ulum
Keywords: Laboratorium, Sikap Ilmiah

Abstract

Laboratorium adalah suatu tempat dilakukan kegiatan percobaan dan penelitian. Tempat ini dapat merupakan ruangan yang tertutup, kamar atau ruangan terbuka. Sikap ilmiah merupakan tingkah laku yang didapatkan melalui pemberian contoh-contoh positif dan harus terus dikembangkan agar bisa dimiliki oleh siswa. Pengetahuan Laboratorium dapat menunjang kelancaran praktikum dan memberi nilai tambah bagi sikap peserta didik pada saat melaksanakan praktikum. Secara tidak langsung, pengetahuan Laboratorium dengan sikap ilmiah peserta didik mempunyai pengaruh erat. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui hubunngan laboratorium dengan sikap ilmiah peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan laboratorium terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah Korelasi. Hasil yang di dapatkan dengan menggunakan rumus korelasi adalah H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai ttabel  (2. 03594) ≤ thitung (2.7553). Pengetahuan laboratorium mencapai nilai dengan rata-rata 78,4 yang berarti memiliki persentase 78,4% dengan kategori sangat baik sedangkan sikap ilmiah peserta memiliki pencapaian persentase 61,02% dengan kategori tinggi pada berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan laboratorium dengan sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Prabumulih.

Published
2021-01-30
How to Cite
Santi, K. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN LABORATORIUM TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 PRABUMULIH. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(2), 49-61. https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i2.77