PERAN GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) BADRUL MAULA

  • Jazilurrahman Jazilurrahman Univeristas Nurul Jadid
  • Zaenol Fajri Univeristas Nurul Jadid
  • Muslimatut Toyyibah Univeristas Nurul Jadid
Keywords: Peran Guru, Sikap Disiplin.

Abstract

Pendidikan merupakan usaha atau proses yang ditujukan untuk membina kualitas sumber daya manusia seutuhnya agar ia dapat melakukan perannya dalam kehidupan secara fungsional dan optimal. Peran guru sangat berpengaruh dalam terciptanya karakter dan kepribadian peserta didik. Guru sebagai sosok utama dalam dunia pendidikan yang memiliki peran penting dalam mendidik serta membimbing peserta didik menjadi manusia yang cerdas dan mempunyai akhlak maupun karakter yang terpuji. Salah satu yang dapat dijadikan sebagai kunci untuk penanaman sikap disiplin belajar adalah peran guru, yaitu dengan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki mereka untuk mengajak peserta didik menerapkan sikap disiplin. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis Peran Guru dalam membentuk sikap Disiplin belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Badrul Maula Mojodungkol Suboh Situbondo, apa saja peran yang dijalankan, upaya yang dilakukan serta untuk mengetetahui secara lebih konkrit faktor-faktor yang mempegaruhi optimalisasi perkembangan sikap disiplin anak di madrasah. Diharapkan bisa menjadi bahan referensi serta evaluasi tentang membentuk sikap disiplin anak bagi guru dan ataupun bagi  orang tua. Dalam rangka mendapatkan data dari hasil penelitian, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Tekhnik pengambilan data dengan tekhnik snawball sampling.sumber data yang digunakan ialah primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk Disiplin Belajar siswa di MI Badrul Maula Suboh Situbondo adalah guru sebagai tauladan, pendidik,,inisiator, evaluator dan pembimbing. Para guru berupaya dalam membentuk sikap disiplin siswa adalah dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, ceramah dan simulasi. Penelitian ini bermanfaat bagi guru, untuk dapat berperan sebagai suri tauladan yang baik, untuk memberikan bimbingan dan pengawasan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.

References

Asih, P., & Sunarso, A. (2020). Implementation of Character Education to Improve the Students Discipline Through Habituation of Nadzam Asmaul Husna Recitation at Grade IV. Elementary School Teacher, 3(1). https://doi.org/10.15294/est.v3i1.28035
Asman, S., Sriwahyuni, Indrabudiman, M., & Akhiruddin. (2022). Peran Guru Sosiologi Dalam Membentuk Sikap Dsiplin Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 19 Makassar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(7), 1737–1748.
Brown, G. C. A. G. A., Vallenari, A., Prusti, T., Bruijne, J. H. J. De, Babusiaux, C., & Biermann, M. (2021). Astrophysics Special issue Gaia Early Data Release 3 Summary of the contents and survey properties. 3, 1–7.
Candrasari, D., H, A. T. A., Solikah, A., & Setiawaty, R. (2022). Peran Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin pada Peserta Didik Kelas IV di SD N 5 Klumpit. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1(2013), 251–259.
Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39
Fajri, Z. (2018). bahan Ajar tematik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. 05(01), 100–108. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Fajri, Z. (2019b). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/ MI. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 46–55. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/477
Fajri, Z., Baharun, H., Muali, C., Shofiatun, Farida, L., & Wahyuningtiyas, Y. (2021). Student’s Learning Motivation and Interest; the Effectiveness of Online Learning during COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012178
Fajri, Z., Yasin, M., Masykur, M., & Adi Putra, M. W. (2021). PKM Penyuluhan Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD pada Masa Pendemi Covid-19. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 493–508. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2756
Fajri Zaenol; Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1964
Guru, P., Dalam, P. A. I., Disiplin, M., Siswa, B., Smp, D., Abbas, Z., Prasetya, B., Susandi, A., Tinggi, S., Islam, A., & Probolinggo, M. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. 4, 447–458.
Hambali, H., BZ, Z., Fajri, Z., Mudrika, S., & Andawiyah, N. (2022). Internalization of Spiritual Values in Early Childhood Using the Prophet’s Storytelling Method. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3503–3514. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2082
Hanik, E. U., Yunita, V. D., Putri, H. C., Sirriyah, M. M., & ... (2022). Peran Guru dalam Menerapkan Nilai Karakter Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem. …, 2, 79–89.
Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126
kurniawan dwi agus et.all. (2019). Analysis Of Science Process Skills In Physic Education Students. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. 23(2), 1–23.
Li, T., Hu, S., Beirami, A., & Smith, V. (2020). Ditto: Fair and Robust Federated Learning Through Personalization.
Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 355. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329
Najiburrahman, N., Azizah, Y. N., Jazilurrahman, J., Azizah, W., & Jannah, N. A. (2022). Implementation of the Tahfidz Quran Program in Developing Islamic Character. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3546–3599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2077
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 12–17.
Oktaviani, N. K. W., & Putra, M. (2021). Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 294. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35146
Pewangi, M., Is, S. S., Muhammadiyah, U., Abstrak, M., Kunci, K., Pendidikan, G., Islam, A., Belajar, D., & Siswa, D. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa The Role of Islamic Education Teachers in Forming Discipline Student learning. 4(2), 4.
Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005
Rahmadi, P., & Pancarania, D. P. (2020). Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas I Sekolah Dasar Melalui Penghargaan Dan Konsekuensi [the Role of Teachers in Shaping the Discipline Attitudes of Grade 1 Elementary School Students Through Rewards and Consequences]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 80. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2755
Suyanto, S. (2018). Competence and discipline on work motivation and the implication on working performance. European Research Studies Journal, 21(1), 570–587. https://doi.org/10.35808/ersj/971
Published
2023-04-27
How to Cite
Jazilurrahman, J., Fajri, Z., & Toyyibah, M. (2023). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) BADRUL MAULA. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 53-64. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.236