KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

  • Zulkifli Agus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga
Keywords: Konsep, Pendidikan Islam, PAUD

Abstract

Dalam pendidikan Islam, pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan
peserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif (rasa),
kognitif (cipta), maupun psikomotorik (karsa).
Aspek pendidikan di PAUD mencakup pengasuhan, pembiasaan, dan pengenalan belajar.
Pengasuhan bertujuan untuk menjaga anak dari dampak negatif perbuatan anak, seperti tindakan
berbahaya, maupun pelecehan dari orang yang lebih dewasa; baik fisik, oral, maupun psikologis.
Pembiasaan merupakan perangkat adaptasi anak terhadap lingkungan sosialnya, lebih luas dengan
hidup dan kehidupan.
Metode Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam perspektif pendidikan Islam sangat bervariasi,
diantaranya metode keteladanan, metode pendidikan dengan latihan dan pengamalan, mendidik
melalui, permainan, nyanyian dan cerita, mendidik dengan (targhib) dan (tarhib), pujian dan
sanjungan, serta menanamkan kebiasaan yang baik.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menurut perspektif Islam mencakup prinsip mendahulukan
penanaman aqidah, menuntun dan menuntut aktualisasi ibadah, pembinaan akhlak mulia dan
melatih kemandirian serta prinsip keseimbangan antara dunia dan akherat serta prinsip
keseimbangan antara ilmu dan amal.

Published
2018-06-17
How to Cite
Agus, Z. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 39-56. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.24