Implementasi Kurikulum Berbasis Religious Culture Di MIN 1 Malang

  • Khoirun Nisa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Marno Marno
Keywords: Implementasi;, Kurikulum, Religious Culture

Abstract

Kurikulum tidak hanya menciptakan peserta didik yang pintar dalam segi pengetahuannya saja, melainkan juga sikap spiritualitas yang tinggi pula. Oleh karena, hal tersebut maka implementasi kurikulum berbasis religious culture ini sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengimplementasian kurikulum berbasis religious culture di MIN 1 Malang, jenis penelitian ini adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengalaman saat menjadi mahasiswa PKL di MIN 1 Malang dan dilengkapi dengan literatur kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis religious culture di MIN 1 Malang sangat baik, mereka tidak hanya menerapkan secara teori akan tetapi mempraktekkan secara langsung di dalam sekolah, seperti menerapkan sholat dhuha sebelum masuk kelas, membaca do’a, program tahfizul Qur’an, menerapkan 3S (salam, senyum, sapa) dan tidak hanya itu pendidik juga menghubungkan berbagai mata pelajaran dengan keagamaan yang dapat menanamkan pribadi mahasiswa menjadi peserta didik yang memiliki karakter spiritual yang tinggi dan berpegang teguh prinsip agama.

References

Ali, M. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam.
Ancok, Djamaludin, Fuad Nashori Suroso, M. S. A. (2000). Psikologi islami: Solusi islam atas problem-problem psikologi.
Arif, W. (2020). RELIGIUS Pendahuluan Pendidikan merupakan sebuah proses perbaikan untuk menata kehidupan manusia , penguatan , serta menjadi penyempurna terhadap semua semangat atau jiwa pendidikan , kemampuan menyesuaikan diri dan jawab terhadap pencapaian sekolah . Tug. 5(1), 69–78.
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum.
Arkam, Rohmad, R. M. (2021). RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. 1, 17–24.
Awaliyah, Tuti, N. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa ’ id Hawwa. 6(1).
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi kurikulum pendidikan.
Majidah, S. (2018). Religious Culture dalam Komunitas Sekolah. 9, 49–68.
Muhaimin, MA. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah). Prenada Media.
Rachman, L. (2019). Jurnal Pendidikan Islam. 9(November), 102–114. https://doi.org/10.38073/jpi
Ridwan, Mohamad, W. A. (2019). Perencanaan pengembangan daerah tujuan pariwisata.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran.
Suanti, Linda, and H. G. K. (2022). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TAHFIZH MELALUI PENDEKATAN TAFHIM DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PENGEMBANGAN ILMU AL-QUR’AN (STAI-PIQ) SUMATERA BARAT.
Sunhaji, H., & Misbah, M. (2021). Evaluasi Kurikulum Pascasarjana PTKIN di Era Revolusi Industri 4.0 (Teori dan Implementasinya).
Triwiyanto, T. (2022). Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Published
2023-05-01
How to Cite
Nisa, K., & Marno, M. (2023). Implementasi Kurikulum Berbasis Religious Culture Di MIN 1 Malang. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 274-282. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.249