ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • A. Zuhruddin Hadi Saputra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muh Wasith Achadi UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Keywords: : implementasi, kurikulum merdeka, fikih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang analisis implementasi kurikulum merdeka yang terdapat di madrasah ibtidaiyah khususnya pada pembelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian pustaka atau yang dikenal dengan library research. Metodologi pembelajaran fikih merupakan suatu cara yang ditempuh oleh pendidik dalam menyampaikan hukum islam yang berhubungan dengan kehidupan manusia baik yang berhubungan dengan Allah maupun yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Dalam pembelajaran tersebut dibutuhkan suatu cara untuk menyampaikan pesan-pesan kepada siswa yang nantinya akan menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Model dan pendekatan dalam pembelajaran fikih saling berkaitan dan sangat berpengaruh untuk kelangsungan belajar pada peserta didik. Model apa yang digunakan, strategi apa yang dijalankan, serta pendekatan apa yang dipilih itu menentukan bagaimana hasil pembelajaran pada peserta didik dalam menguasai materi yang diajarkan. Adapun penerapan dari setiap bagian memiliki cara yang berbeda namun masih dalam tujuan yang sama yaitu supaya mereka aktif dan semangat dalam belajar serta memahami materi yang di ajarkan, diberikan dan diingatkan selama proses pembelajaran berlangsung di kelas.

Published
2024-06-21
How to Cite
Saputra, A. Z., & Achadi, M. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 235-243. https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i1.659