MENELAAH GAGASAN AWAL TENTANG BELAJAR (EPISTEMOLOGI DAN TEORI BELAJAR PLATO & ARISTOTELES)

  • Habibah Fiteriana UIN Antasari Banjarmasin
Keywords: Kata Kunci: Epistemologi; Teori Belajar; Plato; Aristoteles.

Abstract

Abstrak

Dalam tataran makhluk hidup, manusia merupakan makhluk Tuhan paling sempurna yang dibekali akal dan pikiran. Dengan akal dan pikiran tersebut manusia dapat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kelangsungan hidupnya. Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik utama yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Belajar menghasilkan keuntungan baik bagi individu sendiri maupun masyarakat. Bagi individu, kemampuan belajar secara terus-menerus akan meningkatkan kualitas hidupnya, sedangkan bagi masyarakat belajar berperan penting dalam mentransmisikan budaya dan pengetahuan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Saat memahami suatu pembelajaran, tentu akan muncul pertanyaan “apa yang mendasari atau yang menjadi gagasan dalam belajar?”, “bagaimana epistemologi gagasan awal dalam belajar?”, dan lain-lain. Dalam buku Theories of Learning, terdapat dua pandangan yang mendasari gagasan awal tentang belajar yaitu pandangan dari Plato dan Aristoteles. Kedua pandangan mengenai hakikat pengetahuan ini amat berperan penting dalam sejarah teori belajar dan pembelajaran. Yang mana tujuan dari mempelajari ide atau gagasan awal dalam pembelajaran ialah untuk mengetahui, memahami, dan mengimplementasikannya dalam kegiatan belajar.

Kata Kunci: Epistemologi; Teori Belajar; Plato; Aristoteles.

Abstract

At the level of living beings, humans are God's most perfect creatures equipped with reason and thought. With reason and mind, humans can learn things related to their survival. The human ability to learn is the main characteristic that distinguishes humans from other living things. Learning generates benefits both for the individual himself and for society. For individuals, the ability to learn continuously will improve the quality of life, while for the community learning plays an important role in transmitting culture and knowledge from one generation to the next.

When understanding a lesson, of course there will be questions "what underlies or becomes the idea in learning?", "what is the epistemology of the initial idea in learning?", and others. In Theories of Learning, there are two views that underlie the initial ideas about learning, namely the views of Plato and Aristotle. These two views on the nature of knowledge have played an important role in the history of teaching and learning theory. Which is the purpose of studying the initial ideas or ideas in learning is to know, understand, and implement them in learning activities.

Keywords: Epistemology; Learning Theory; Plato; Aristotle.

 

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA
AM, Suhar. 2009. Filsafat Umum: Konsep, Sejarah dan Aliran. Jakarta: Gaung Persada Press
Azhar, Muhammad. 1999. Filsafat Plato: Tentang Idea, Hermeneutika dan Internet. Jurnal Idea.
Vol.5
Bertens, Kees. 1975. Sejarah Filsafat Yunani. Yogyakarta: Kanisius
Blackburn, Simon. 2013. Kamus Filsafat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Derajat, Amroeni. 2005. Kritik Falsafah Peripatetik. Yogyakarta: LKiS Pelangi Angsara
Fikri, Mursyid. 2018. Rasionalisme Descartes dan Implikasinya terhadap Pemikiran Pembaharuan
Islam Muhammad Abduh. Jurnal Tarbawi. Vol.3. No.2
Gusti, Otto. 2011. Negara Leviathan dan Etika Perdamaian dalam Pandangan Thomas Hobbes.
Respons. Vol.16. No.1
Hergenhahn, B.R. dan Matthew H. Olson. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar) Edisi
Ketujuh. Jakarta: Kencana
Juhari. 2013. Muatan Sosiologi dalam Pemikiran Filsafat John Locke. Jurnal Al-Bayan. Vol.19.
No.27
Kurniawan, Wiwit. 2015. Religiositas Matematika dalam Sekte Pythagorean. Religio. Vol.5. No.1
Masykur, Fuad. 2019. Metode dalam Mencari Pengetahuan: Sebuah Pendekatan Rasionalisme
Empirisme dan Metode Keilmuan. Tarbawi. Vol.1
Morgan, Harry. 2004. Real Learning: A Bridge to Cognitive Neuroscience. Maryland: R&L
Publishing Grup
Mudhofir, Ali. 2001. Kamus Filsuf Barat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mustofa, Imron. 2016. Jendela Logika dalam Berfikir: Deduksi dan Induksi sebagai Dasar
Penalaran Ilmiah. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. Vol.6. No.2
Nawawi, Nurnaningsih. 2017. Tokoh Filsuf dan Era Keemasan Filsafat. Makassar: Pusaka
Almaida
Nugroho, Irham. 2016. Positivisme August Comte: Analisa Epistemologis dan Nilai Etisnya
Terhadap Sains. Cakrawala. Vol.11. No.2
Nuthpaturahman. 2019. Gagasan Awal Tentang Belajar (Epistemologi Teori Belajar Plato dan
Aristoteles: Implikasinya terhadap Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
dan Kedakwahan. Vol.12. No.24
Pari, Fariz. 2018. Epistemologi dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Ilmu Ushuluddin. Vol.5.
No.2
Ravertz, Jerome R. 2004. Filsafat Ilmu: Sejarah dan Ruang Lingkup Bahasan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Riyadi, Agus dan Helena Vidya Sukma. 2019. Konsep Rasionalisme Rene Descartes dan
Relevansinya dalam Pengembangan Ilmu Dakwah. Jurnal An-Nida. Vol.11. No.2
Smith, Linda dan William Reaper. 2000. Ide-Ide Filsafat Agama Dulu dan Sekarang.
Yogyakarta: Kanisius
Soekarto, Soewarno T. dan Kudang Boro Seminar. 2020. Filsafat Tauhid Ilmu Pengetahuan.
Bogor: IPB Press
Strathern, Paul. 2001. 90 Menit Bersama Kant. Jakarta: Erlangga
Surajiyo. 2008. Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
Suyahmo. 2007. Filsafat Dialektika Hegel: Relevansinya dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar
1945. Humaniora. Vol.19. No.2
Tafsir, Ahmad. 2004. Filsafat Umum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tamrin, Abu. 2019. Relasi Ilmu, Filsafat dan Agama dalam Dimensi Filsafat Ilmu. Salam: Jurnal
Sosial & Budaya Syar’i. Vol.6. No.1
Tim Penyusun MKD. 2013. Pengantar Filsafat. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press
Published
2023-04-30
How to Cite
Fiteriana, H. (2023). MENELAAH GAGASAN AWAL TENTANG BELAJAR (EPISTEMOLOGI DAN TEORI BELAJAR PLATO & ARISTOTELES). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 218-230. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.233